Thursday, August 08, 2013

Apakah perbedaan antara Close Source dan Open Source?


Dalam dunia komputer terdapat istilah close source dan open source. sebenarnya kalau dilihat dari nama kita pastinya sudah mengenai apa perbedaan dari keduanya. Source kalau diterjemahkan artinya sumber, open artinya terbuka sedangkan close artinya tertutup.
Open Source memiliki arti bahwa segala code yang telah disusun oleh para developer/programmer dapat kita dapat secara bebas/open dengan kata lain software dapat diperoleh secara gratis sedangkan Close Source memiliki arti yang berbalik yaitu bahwa code-code tersebut tidak dapat didapatkan secara bebas
atau dengan kata lain software tersebut bersifat berbayar. Contoh System Operasi yang bersifat open source ialah Linux/GNU Project, OpenBSD, FreeBSD dll. Sedangkan System Operasi yang bersifat close Source ialah Windows. Jadi ini yang saya maksud arti dari capabillityact yaitu open source itu sendiri dimana banyak kemampuannya yang tidak dimiliki oleh software close source. loh trus kenapa jadi memihak open source? jawabannya singkat because i love open source :). Sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Bagian komentar terbuka untuk berdiskusi.

No comments:

Post a Comment