Thursday, August 08, 2013

The Open Source Definition (pengertian didapat dari Debian Free Software yang ditulis Bruce Parens)

Postingan sebelumnya menjelaskan pengertian Open Source secara singkat(singkat banget kayaknya :D). nah, kalau yang ini adalah pengertian yang lebih mendalam tantang pengertian Open Source. Berikut merupakan The open source definition (pengertian didapat dari Debian Free Software yang ditulis Bruce Parens), ada 9 hak-hak:

1. Free Redistribution
    Bebas untuk mendistribusikan ulang, hal ini tidak berarti gratis, hal ini berarti kebebasan, anda bebas mendsitribusikannya ulang software anda kepada orang lain dan sebenarnya tidak ada harga sebagai efek samping, anda dapat membebankan biaya atau tidak atas pendistribusian ulangnya.

2. Source Code Available
    Harus beserta source codenya, sehingga seseorang dapat ikut mengembangkannya, sebagai contoh jika mereka bermigrasi dari sebuah PC ke MAC, mereka dapat merubah softwarenya.



3. Derived Works Permitted
    Mengkonfigurasi ulang software herusnya menjadi sebuah kemungkinan, jika seseorang bermaksud untuk ikut mengembangkan software anda, mereka juga sebaiknya mendistribusikan ulang hasilnya.

4. Integrity of The Author's Source Code
    Ierdapat banyak ketentuan tentang integritas dari penulis source code yang mengatakan bahwa sang penulis source code dapat menyortir untuk menjaga kehormatan/kepemilikan mereka dan jika anda melakukan perubahan anda harus merubah nama dari softwarenya. atau beri tanda yang jelas dari perubahan yang anda lakukan, jadi perubahan yang anda lakukan tidak merefleksikan penulis source codenya.

5. No Discrimination Against Persons or Groups
    Ttidak ada perbedaan antara orang ataupun grup, contoh yang sering terjadi adalah anda tidak dapat menutup sebuah klinik aborsi atau seorang aktivi anti-aborsi untuk menggunakan software tersebut.

6. No Discrimination Against Fields of Endeavor
    Tidak terdapat deskriminasi terhadap usaha yang dilakukan , dan hal tersebut berarti software tersebut haruslah bermanfaat didalam sebuah bisnis ataupun sekolah.

7. Distribution of License
    Lisensi juga haruslah bisa di distribusikan ulang, dengan kata lain dapat memberikan lisensinya kepada orang lain, dan lisensi tersebut haruslah dapat bekerja, jika seseorang memberikannya lagi kepada orang lain.

8. License Must Not be Spesific to A Product
    Lisensi tersebut tidak dapat di spesifikasikan terhadap produck tertentu, dengan kata lain, jika saya mendistribusikan software saya kepada red hat system, lisensi tersebut tidak dapat mengatakan bahwa anda tidak dapat mendistribusikan kepada SuSE atau Debian sistem.

9. License Must Not Contaminate Other Software
    Lisensi tersebut juga tidak boleh digunakan oleh software lain, jadi jika saya mendistribusikan ulang ke dalam sebuah CD dengan software lain, lisensi itu tidaklah menggratiskan software lainnya, dengan kata lain anda tidak dapat mendistribusikan ulang software saya. Sekian postingan kali ini. Semoga Bermanfaat. Bagian komentar terbuka untuk berdiskusi.
sumber: The Movie of Revolution OS

No comments:

Post a Comment