Friday, May 23, 2014

Mengatasi Error phpMyAdmin di Aplikasi XAMPP pada Sistem Operasi Ubuntu

XAMPP merupakan aplikasi paketan yang menyediakan Apache Web Server, phpMyAdmin, FileZilla, dan Mercury. XAMPP biasa digunakan para web developer karena berbagai kemudahan dalam mempelajarinya. XAMPP secara default merupakan aplikasi yang disediakan untuk sistem operasi Windows, kalau di Sistem Operasi Linux seperti Ubuntu tersedia aplikasi LAMPP (Linux, Apache, MySQL, Phpmyadmin, PHP5) yang memiliki interface yang sama dengan XAMPP. Namun, kini XAMPP telah tersedia di sistem operasi Linux.


To the point, pada artikel kali saya akan membahas tentang phpmyadmin. phpMyAdmin merupakan aplikasi editor MySQL yang berbasis Graphical User Interface yang dijalankan pada sebuah browser. Kasus kali ini, saya telah mengintall XAMPP pada sistem Ubuntu. Namun dalam penggunaannya, phpMyAdmin sering mengalami error.

Sebelum mengalami hal seperti ini, saya telah mengaktifkan program XAMPP pada sistem saya dengan perintah

rai@keiji:~$ sudo /opt/lampp/lampp start
Starting XAMPP for Linux 1.8.3-4...
XAMPP: Starting Apache...ok.
XAMPP: Starting MySQL...ok.
XAMPP: Starting ProFTPD...ok.
rai@keiji:~$


Dari beberapa article yang saya baca, beberapa dari mereka menyarankan untuk “It turns out that the solution is to stop all the services and solve the “Another daemon is already running” issue.” Dan ini adalah perintah yang saya gunakan, untuk menyelesaikan masalah ini. Cukup simple hanya dengan mematikan semua service yang ada.

rai@keiji:~$ sudo /opt/lampp/lampp stop
Stopping XAMPP for Linux 1.8.3-4...
XAMPP: Stopping Apache...ok.
XAMPP: Stopping MySQL...not running.
XAMPP: Stopping ProFTPD...ok.
rai@keiji:~$ sudo /etc/init.d/mysql stop
* Stopping MySQL database server mysqld [ OK ]
rai@keiji:~$ sudo service mysql stop
mysql stop/waiting
rai@keiji:~$ sudo /opt/lampp/lampp start
Starting XAMPP for Linux 1.8.3-4...
XAMPP: Starting Apache...ok.
XAMPP: Starting MySQL...ok.
XAMPP: Starting ProFTPD...ok.
rai@keiji:~$  

Sekarang coba buka http://localhost/phpmyadmin pada browser anda.

By the way, untuk errornya saya juga masih belum tahu, kalau pembaca sudah mendapatkan penyebab errornya. Mohon feedbacknya, bisa dengan mengisi comment box dibawah ini.
Sekian article dari saya, Salam Open Source!

No comments:

Post a Comment