Tuesday, December 17, 2013

Hal yang Wajib Dilakukan Ketika Menginstall Ubuntu

Postingan kali ini saya akan memberikan langkah awal yang harus dilakukan ketika menginstall Linux Ubuntu. Ubuntu yang saya gunakan ialah versi 12.04 LTS(Precise Pangolin). Untuk menjalankan perintah-perintah dibawah ini harus terhubung dengan internet. okey langsung saja yoo?. 
1. Mengubah Sourcelist
Hal yang pertama yang harus lakukan ialah mengubah sourcelist. Sourcelist ini yang akan mengakses repository ketika kita ingin mengupdate package. Tentu untuk mengakses repository ini kita perlu terhubung dengan Internet. Pada langkah ini kita mengubah Sourcelist repository Ubuntu default dengan repository local, dengan tujuan mendapatkan akses yang lebih cepat. Banyak repository local
di Indonesia yang dimiliki oleh beberapa Komunitas Studi Linux(KSL) seperti 
Sanata Dharma Open Source (SaOS) http://saos.usd.ac.id/ubuntu/, 
KSL Universitas Gadjah Mada http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/, 
KSL Universitas Indonesia http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/, 
dan KSL Universitas Kristen Duta Wacana http://repo.ukdw.ac.id/ubuntu/. 
Dalam kasus ini saya akan menggunakan repository milik SaOS. lanjut, mengubah sourcelist dapat dilakukan via terminal.
$sudo nano /etc/apt/sources.list 
selanjutnya, mengganti sourcelist default dengan sourcelist milik ubuntu di repository SaOS. Sourcelist yang kita ubah harus sesuai dengan versi Ubuntu kita. Jadi Sourcelist ini berlaku untuk Ubuntu versi 12.04. Catatan: beberapa server repository tidak menyediakan repository lengkap untuk semua versi Ubuntu atau distro Linux lainnya oleh karena itu kita sebagai pengguna harus memilih server repository mana yang menyediakan layanan yang cocok untuk System kita. setelah editor nano muncul, hapus sourcelist default ubuntu dengan sourcelist Ubuntu repository SaOS.
deb http://saos.usd.ac.id/ubuntu precise main restricted universe multiverse
deb http://saos.usd.ac.id/ubuntu precise-updates main restricted universe multiverse
deb http://saos.usd.ac.id/ubuntu precise-security main restricted universe multiverse
deb http://saos.usd.ac.id/ubuntu precise-backports main restricted universe multiverse
deb http://saos.usd.ac.id/ubuntu precise-proposed main restricted universe multiverse 
 2. Mengupdate Package
Langkah ini bertujuan untuk memperbaharui package-package di system kita. Selanjutnya jalankan perintah $sudo apt-get update pada terminal. selanjutnya, buka Update Manager. Update Manager merupakan aplikasi yang menampilkan keseluruhan Package atau aplikasi pada pada repository. Pada dialog Update Manager kita dapat memilih package mana yang akan diperbaharui. Setelah itu tekan  Install Updates dan masukkan password system kita.

3. Menginstall Codec
Secara default codec tidak terinstall bersamaan dengan system Ubuntu untuk itu kita harus menginstall manual. Menginstall Codec dapat dilakukan dengan membuka file-file multimedia berekstensi .mp3, .flv, .mkv, .rar, dan lain-lain untuk menampilkan dialog install codec (install extra multimedia plugins). Selanjutnya, Secara otomatis system akan memerintahkan kita untuk menginstall codec. setelah itu tekan Install.

 4. Mengaktifkan Additional Driver
Addition Driver merupakan aplikasi pada ubuntu yang berfungsi untuk mencari driver tambahan pada komputer kita. Jadi dengan kata lain, mengaktifkan Addition Driver bukanlah keharusan. Hal ini dikarenakan ada beberapa komputer yang drivernya menyatu (bundled) dengan System Ubuntu. Lalu bagaimana mengetahui kalau driver komputer kita tidak bundled dengan System Ubuntu?, jangan khawatir karena secara otomatis system Ubuntu akan memberitahukan kita melalui pesan singkat bahwa Komputer kita membutuhkan driver tambahan. Jika benar komputer kita memerlukan Additional Driver maka untuk membukanya bisa dengan membuka System Setting --> Additional Driver. Setelah itu System akan secara otomatis mencari driver tambahan tersebut di Internet. Setelah itu tekan Active.
Sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Bagian komentar terbuka untuk diskusi. Thanks for reading :).

No comments:

Post a Comment